Penutupan Program Peningkatan Bahasa Inggris bagi Peserta Vokasi Angkatan 2015

Penutupan Program Pengembangan Calon Dosen Politeknik Angkatan 2015

Dalam rangka mewujudkan ketersediaan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan pembangunan nasional dan daerah, serta untuk meningkatkan daya saing bangsa, pemerintah telah berupaya mengembangkan pendidikan vokasi di tingkat perguruan tinggi dengan mendirikan politeknik. Pendidikan vokasi adalah salah satu jenis pendidikan tinggi yang menyelenggarakan program diploma guna menyiapkan peserta didik dengan keahlian terapan tertentu. Pendidikan vokasi yang bermutu harus didukung tidak hanya oleh sarana dan prasarana yang memenuhi standar minimal akan tetapi juga oleh sumberdaya manusia yang kompeten. Sumberdaya manusia yang kompeten dalam hal ini yaitu dosen yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendukung perannya sebagai tenaga pengajar untuk menyiapkan peserta didik dengan keahlian terapan tertentu. Oleh karena itu, diperlukan program pendidikan yang dirancang khusus untuk meningkatkan kualifikasi akademik dosen vokasi/politeknik pada jenjang pendidikan magister terapan di luar negeri.

Sebelum para kandidat melanjutkan studinya ke luar negeri, Ditjen SDID menyelenggarakan program peningkatan pelatihan Bahasa Inggris yang dilaksanakan di UPT Bahasa Institut Teknologi Bandung (ITB). Program tersebut dilakukan selama 6 (enam) bulan mulai dari bulan Oktober 2015 – Maret 2016. Total pelaksanaan selama 720 jam atau 6,5 jam/hari, dilaksanakan setiap hari senin – jumat setiap pukul 07.30 – 14.30. Peserta yang mengikuti program ini sebanyak 50 orang dan dibagi menjadi 3 kelas, kelas pertama berjumlah 18 orang, kelas kedua berjumlah 17 orang dan kelas ketiga berjumlah 15 orang.

Hasil tes IELTS pertama yang dilaksanakan bulan Januari 2016 bervariasi. Peserta dengan nilai IELTS 6.0 keatas sebanyak 27 orang, sisanya sebanyak 23 orang mendapatkan nilai 5.5 kebawah. Tes IELTS ke dua akan dilaksankan pada tanggal 3-5 Maret 2016.

Blog Attachment